Perkembangan Dunkin Donuts untuk menghadapi pasar menjadikan Dunkin Donuts tidak hanya sebagai tempat membeli donat tetapi juga sebagai tempat dimana masyarakat bisa menikmati kopi dan minuman lainnya, singkatnya Dunkin Donuts sekarang menyediakan fasilitas dimana pembeli bisa menghabiskan waktu disana. Dunkin Donuts berkembang karena banyaknya persaingan, contohnya ada perusahaan lain yang menjadikan donat sebagai andalan mereka untuk menarik minat masyarakat, disamping itu tuntutan pelanggan untuk mencari tempat dimana mereka bisa kumpul dengan kerabat menjadikan Dunkin Donuts tidak hanya berupa sebuah tempat membeli donat.
Penulis mengambil tempat di Dunkin Donuts jalan Kaliurang karena satu-satunya Dunkin Donuts di Jogja yang buka 24 jam selain itu banyaknya customer yang datang terutama kalangan Mahasiswa. Penulis ingin mengetahui mengapa customer memilih Dunkin Donuts sebagai pilihan mereka diantara banyaknya café yang ada di Jogja.
· Accessibility
Kemudahan apa saja yang diberikan oleh Dunkin Donuts dalam teciptanya interaksi
· Competence
Kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Dunkin Donuts sehingga anda lebih memilih Dunkin Donuts dibandingkan banyaknya tempat makan/café lainnya.
· Customer Recognition
Apa yang membuat anda nyaman di Dunkin Donuts
· Helpfulness
Hal apa saja yang membuat anda terasa terbantu oleh hadirnya Dunkin Donuts
· Personalization
Fasiitas-fasilitas apa saja yang diberikan oleh Dunkin Donuts sehingga anda merasa nyaman
· Problem Solving
Hal apa saja yang membuat anda merasa permasalahan anda terbantu dengan berinteraksi dengan penjual
· Promise Fulfillment
Hal apa saja yang harus dibuat oleh Dunkin Donuts dalam melakukan interaksi
· Value For Time
Hal apa saja yang membuat waktu anda dihargai oleh Dunkin Donuts
Menurut sumber yang saya wawancarai melalui metode depth interview keberadaan Dunkin Donuts Jalan Kaliurang mebantu mereka karena kebanyakkan yang datang kesana adalah dari kalangan Mahasiswa dan pekerja muda, keberadaan café-café yang buka 24 jam tidak cukup memenuhi kebutuhan mereka dalam berinteraksi dengan sesamanya. Dunkin Donuts yang menyediakan fasilitas yang lebih menjadi daya tarik untuk customer datang karena fasilitas yang ada di Dunkin Donuts hanya ada di tempat lain yang buka tidak sampai 24 jam. Pelayanan Dunkin Donuts yang ramah juga menambah kenyamanan customer untuk datang fasilitas yang memadai dan lengkap sudah memenuhi kebutuhan customer yang ada.
Persaingan pasar yang dihadapi membuat Dunkin Donuts membuat inovasi yang menjadikan Dunkin Donuts tidak sekedar untuk makan saja tetapi untuk bersantai, Keberadaan Mahasiswa yang banyak di Jogja juga dimanfaatkan oleh Dunkin Donuts karena itu mereka menyediakan wifi yang cepat sehingga membuat customer betah. Keberadaan fasilitas smoking room yang nyaman juga menjadi fasilitas dunkin donuts untuk menjaga customer karena kebanyakkan café di jogja tidak menyediakan fasilitas smoking room yang memadai.
Siapnya Dunkin Donuts menghadapi persaingan pasar di Yogyakarta dimana target mereka adalah mahasiswa dan eksekutif muda tepat sasaran dengan fasilitas yang ada. Kurangnya café 24 jam di jogja menjadikan Dunkin Donuts menjadi salah satu pilihan yang banyak dipilih oleh masyarakat.
Brian Christian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar