Oleh : Ewaldus Derian Bhawesya
Customer Experience menurut Watkins sebagai penjelmaan
sebuah brand yang mana melingkupi semua interaksi antara organisasi dengan
pelanggan. Selain itu Thompson mendefinisikan customer experience sebagai akumulasi
dari semua kejadian yang disadari oleh pelanggan. Lemke dalam risetnya menemukan delapan faktor yang
mempengaruhi customer experience quality,
yaitu accessibility, competence, customer recognition, helpfulness,
personalization, problem solving, promise fulfillment dan value for time. Pengalaman dibentuk oleh komponen
tersebut yang membantu pihak tersebut untuk menghindari kesalahan dan mengetahui
cara untuk memperluas dan memperkaya pengalaman pelanggan, perusahaan perlu
memahami pelanggan melalui riset-riset yang dapat memberikan inspirasi dalam
mendesain setiap komponen.
Dalam penelitian ini, subjek
penelitiannya atau responden adalah konsumen dari Capitea. Dengan menggunakan
depth interview diharapkan mendapatkan informasi mengenai 8 indikator customer
experience. Dengan adanya penelitian ini, Capitea diharapkan dapat meningkatkan
pengalaman dari konsumen yang berkunjung. Selain itu peneliti memilih Capitea karena Capitea berbeda dengan tempat yang menjual minuman bubble tea, di Capitea juga menjual snack yang tidak bisa didapatkan ditempat lainnya serta sedang banyak dnikmati.
Berdasarkan hasil depth interview
dari ketiga responden dapat disimpulkan bahwa factor yang mempengaruhi customer
experience di Capitea adalah :
Accessibility
: Lokasi strategis dan lahan parkir yang cukup luas
Competency
: Tempat nyaman dan bersih, konsistensi menu, pemahaman menu oleh pelayan
Customer
Recognition : Sambutan dari pelayan dan bonus dari pengumpulan stempel.
Helpfulness
: Rekomendasi menu oleh pelayan, penjelasan menu oleh pelayan.
Personalization
:Tempat nyaman dan luas, tersedia wifi, menu beragam.
Problem
Solving : Menu mudah dimengerti karena disertai harga dan gambar produk,
pelayan mudah dan cepat ketika dipanggil
Promise
Fulfillment : Konsistensi wifi, pelayanan yang cepat.
Value
For Time : Ketersediaan tempat duduk, penyajian produk cepat, memberikan tempat
untuk take away.
Daftar Pustaka :
Pengaruh Customer Experience Quality
Terhadap Customer Satisfaction & Customer Loyalty Di Kafe Excelso Tunjungan
Plaza Surabaya, Vivie Senjaya, 2013,Unika Petra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar