Selasa, 07 April 2015

Kenyamanan Konsumen Gamer Dalam Penggunaan Prosesor AMD


~Franciskus Tegar Adhi Dharma/131004908~


Dalam kehidupan manusia tidak bisa dipungkiri peran pentingnya teknologi. Sekarang hadirlah teknologi computer yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, ditambah lagi dapat digunakan sarana refreshing dengan bermain game. Pada jaman ini media refreshing bermain game di computer menjadi tren yang sedang populer. Namun belum tentu semua computer bisa digunakan untuk bermain game dengan kapasitas game yang breat, sehingga pemilihan computer yang mempunyai prosessor yang memadahi tergantung pada Customer experience si konsumen.
Sekilas tentang customer experience, Beberapa penulis, telah membuat titik bahwa pengalaman pelanggan dapat menyediakan sarana baru kompetisi. Memberikan pengalaman yang baik juga penting karena mempengaruhi kepuasan pelanggan, memberikan loyalitas pelanggan, harapan pengaruh, menanamkan rasa percaya diri, mendukung merek  dan juga menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan atau, sebaliknya, menyebabkan jaringan parut emosional (Robert Johnston and Xiangyu Kong, 2011)
                 
Frow dan Payne dalam Salim (2015) mengartikan customer experience sebagai interpretasi seorang konsumen terhadap interaksi total konsumen tersebut dengan sebuah merek. Kemudian tujuan akhir dari penerapan konsep customer experience ini adalah agar dapat menciptakan hubungan baik dengan konsumen yang selanjutnya akan dapat membangun loyalitas konsumen.
            Menurut Schmitt (1999) dalam Salim (2015: 326) ada 5 dimensi untuk mengukur customer experience, yakni:
a.       Sense: indra yang dimiliki manusia sebagai alat untuk merasakan produk dan jasa yang ditawarkan.
b.      Feel: rasa yang ditampilkan melalui ide, kesenangan, dan reputasi akan pelayanan konsumen.
c.       Think: pengelaman menurut kecerdasan dengan tujuan menciptakan pengalaman kognitif dan pemecahan masalah dengan melibatkan konsumen secara kreatif.
d.      Act: menciptakan pengalaman konsumen yang berhubungan dengan tubuh secara fisik.
e.       Relate: hubungan dengan orang lain, kelompok sosial lain (seperti pekerjaan, gaya hidup) atau identitas sosial yang lebih luas.

Bagaimana dengan konsumen prosesor AMD?
Dari semua processor yang diproduksi AMD, hampir semuanya adalah lawan bagi processor intel. Ditambah lagi dengan harganya yang murah, Amd pintar dalammelihat pasaran di masyarakat, dengan adanya tandingan dengan intel yang dimana processor inilebih suport terhadap games, yang saat ini sedang maniak di kalangan masyarakat. Berikut ini pengukuran konsumen prosesro ADM;
Sense,
Dalam penemuan yang dirasakan konsumen dalam menggunakan prosesor AMD lebih nyaman dalam penggunaan gaming dibandingkan dengan prosesor lain. Beberapa temuan mengatakan bahwa prosesor AMD lebih cepai panas dibndingkan dengan yang lain.

Feel
Para konsumen yang menggunakan prosesor AMD mengatakan bahwa Factor Gaming menjadi factor yang kuat dalam identitas prosesor AMD. Sehingga jika ada sesorang yang menggunakan prosesor AMD langsung ada persepsi bahwa yang menggunakan prosesor itu adalah orang orang yang suka bermain Game, namun hanya orang yang tahu tentang teknologi saja.

Think
Temuan dari konsumen yang diwawancarai, hanya sedikit yang mengetahui sejarah dari prosesor AMD, pemilihan prosesor didasarkan pada sesuatu yang dibutuhkan dan karna harganya lebih murah dibandingkan prosesor INTEL yang menjadi sainganya. Sehingga sebagian besar konsumen lebih memilihh AMD.

Act
Dari konsumen yang diwawancarai kebutuhan computer mereka terlebih hampir sama, yaitu untuk mendapatkan computer yang memiliki kemampuan dalam membaca data yang leih cepat dan lebih nyaman digunakan untuk gaming, karna game pada jaman sekarang sedang populer.

Relate
Dala pertanyaan wawancara ditemukan hal sebagai berikut, kebanyakan konsumen mengetahui prosesor AMD dari teman yang merekomendasikan dan media yang menyiarkan kabar terbaru tentang teknologi. Dalam pengunaan prosesor AMD para konsumen tidak terlalu bertambah besar relasinya karna para konsumen mengganggap penggunaan laptop sebagai barang yang sedikit private yang sering digunakan oleh satu orang saja. Dalam penggunaan prosesor AMD para konsumen menjadi lebih mempunyai sarana yang efektif dalam hal refreshing. Dalam penggunaanya para konsumen sering mengetahui penggunaan prosesor AMD dalam warnet game online.

Kesimpulan
Menurut Menurut Robinnete dan Brand (2008) dari data yang ada kategori customer experience dalam pembelian Prosesor AMD termasuk dalam kategori Experience in Product karna pengalaman yang dirasakan oleh para konsumen sesuai dengan tujuan dari pembuatan produk oleh produsen tersebut, yang menjadikan keyamanan Gaming sebagai sasaranya

~Franciskus Tegar Adhi Dharma/131004908~






Daftar Pustaka

Johnston, and Xiangyu (2011),“The Customer Experience: A Road Map for Improvement “,         Warwick Business School University of Warwick, UK

Salim dan Catherine , PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN KEPERCAYAAN           TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI TX TRAVEL KLAMPIS, Jurusan Manajemen         Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar