~Franciskus
Tegar Adhi Dharma/131004908~
Dalam
kehidupan manusia tidak bisa dipungkiri peran pentingnya teknologi. Sekarang hadirlah
teknologi computer yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, ditambah lagi dapat
digunakan sarana refreshing dengan bermain game. Pada jaman ini media
refreshing bermain game di computer menjadi tren yang sedang populer. Namun belum
tentu semua computer bisa digunakan untuk bermain game dengan kapasitas game
yang breat, sehingga pemilihan computer yang mempunyai prosessor yang memadahi
tergantung pada Customer experience si konsumen.
Sekilas tentang customer
experience, Beberapa penulis,
telah membuat titik bahwa pengalaman pelanggan dapat menyediakan sarana baru
kompetisi. Memberikan pengalaman yang baik juga penting karena mempengaruhi
kepuasan pelanggan, memberikan loyalitas pelanggan, harapan pengaruh,
menanamkan rasa percaya diri, mendukung merek dan juga menciptakan ikatan emosional dengan
pelanggan atau, sebaliknya, menyebabkan jaringan parut emosional (Robert
Johnston and Xiangyu Kong, 2011)
Frow dan Payne dalam Salim (2015) mengartikan
customer experience sebagai interpretasi seorang konsumen terhadap
interaksi total konsumen tersebut dengan sebuah merek. Kemudian tujuan akhir
dari penerapan konsep customer experience ini adalah agar dapat
menciptakan hubungan baik dengan konsumen yang selanjutnya akan dapat membangun
loyalitas konsumen.
Menurut
Schmitt (1999) dalam Salim (2015: 326) ada 5 dimensi untuk mengukur customer experience, yakni:
a.
Sense: indra
yang dimiliki manusia sebagai alat untuk merasakan produk dan jasa yang
ditawarkan.
b.
Feel: rasa
yang ditampilkan melalui ide, kesenangan, dan reputasi akan pelayanan konsumen.
c.
Think: pengelaman
menurut kecerdasan dengan tujuan menciptakan pengalaman kognitif dan pemecahan
masalah dengan melibatkan konsumen secara kreatif.
d.
Act: menciptakan
pengalaman konsumen yang berhubungan dengan tubuh secara fisik.
e.
Relate: hubungan
dengan orang lain, kelompok sosial lain (seperti pekerjaan, gaya hidup) atau
identitas sosial yang lebih luas.
Bagaimana dengan
konsumen prosesor AMD?
Dari semua
processor yang diproduksi AMD, hampir semuanya adalah lawan bagi processor intel. Ditambah
lagi dengan harganya yang murah, Amd pintar dalammelihat pasaran di
masyarakat, dengan adanya tandingan dengan intel yang dimana
processor inilebih
suport terhadap games, yang saat ini sedang maniak di
kalangan masyarakat. Berikut ini pengukuran konsumen prosesro ADM;
Sense,
Dalam penemuan yang
dirasakan konsumen dalam menggunakan prosesor AMD lebih nyaman dalam penggunaan
gaming dibandingkan dengan prosesor lain. Beberapa temuan mengatakan bahwa
prosesor AMD lebih cepai panas dibndingkan dengan yang lain.
Feel
Para konsumen
yang menggunakan prosesor AMD mengatakan bahwa Factor Gaming menjadi factor yang
kuat dalam identitas prosesor AMD. Sehingga jika ada sesorang yang menggunakan
prosesor AMD langsung ada persepsi bahwa yang menggunakan prosesor itu adalah
orang orang yang suka bermain Game, namun hanya orang yang tahu tentang
teknologi saja.
Think
Temuan dari
konsumen yang diwawancarai, hanya sedikit yang mengetahui sejarah dari prosesor
AMD, pemilihan prosesor didasarkan pada sesuatu yang dibutuhkan dan karna
harganya lebih murah dibandingkan prosesor INTEL yang menjadi sainganya. Sehingga
sebagian besar konsumen lebih memilihh AMD.
Act
Dari konsumen
yang diwawancarai kebutuhan computer mereka terlebih hampir sama, yaitu untuk
mendapatkan computer yang memiliki kemampuan dalam membaca data yang leih cepat
dan lebih nyaman digunakan untuk gaming, karna game pada jaman sekarang sedang
populer.
Relate
Dala pertanyaan
wawancara ditemukan hal sebagai berikut, kebanyakan konsumen mengetahui
prosesor AMD dari teman yang merekomendasikan dan media yang menyiarkan kabar
terbaru tentang teknologi. Dalam pengunaan prosesor AMD para konsumen tidak
terlalu bertambah besar relasinya karna para konsumen mengganggap penggunaan
laptop sebagai barang yang sedikit private yang sering digunakan oleh satu
orang saja. Dalam penggunaan prosesor AMD para konsumen menjadi lebih mempunyai
sarana yang efektif dalam hal refreshing. Dalam penggunaanya para konsumen
sering mengetahui
penggunaan prosesor AMD dalam warnet game online.
Kesimpulan
Menurut Menurut
Robinnete dan Brand (2008) dari data yang ada kategori customer
experience dalam
pembelian Prosesor AMD termasuk dalam kategori Experience in Product karna pengalaman yang dirasakan oleh
para konsumen sesuai dengan tujuan dari pembuatan produk oleh produsen
tersebut, yang menjadikan keyamanan Gaming sebagai sasaranya
~Franciskus Tegar Adhi
Dharma/131004908~
Daftar
Pustaka
Johnston,
and Xiangyu (2011),“The Customer Experience: A Road Map for
Improvement “, Warwick Business School University
of Warwick, UK
Salim
dan Catherine , “PENGARUH CUSTOMER
EXPERIENCE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN DI TX TRAVEL KLAMPIS”, Jurusan Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra,
Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar